Tips Dan Trik Mendapatkan Servis Otomotif Terbaik

Tips Dan Trik Mendapatkan Servis Otomotif Terbaik

Berita Terbaru – Agen Urusan Konsumen di seluruh negeri mendapatkan lebih banyak keluhan tentang layanan otomotif yang buruk daripada hampir semua area lainnya. Layanan perbaikan dan keterampilan mekanik dapat sangat bervariasi. Namun selain memilih pusat servis dengan bijak, menggunakan sepuluh tip ini dapat membantu Anda mendapatkan hasil yang memuaskan bekerja sama dengan teknisi dan pusat servis otomotif.

Didik diri Anda sendiri tentang kendaraan Anda.
Minimal, baca manual pemilik; biasakan diri Anda dengan peralatan dasar kendaraan dan jadwal perawatan yang direkomendasikan pabrik. Mempelajari fungsi sistem atau suku cadang dasar kendaraan juga merupakan ide yang bagus. Misalnya, mengetahui fungsi dasar aki, starter, dan alternator, atau komponen “drivetrain” atau sistem kemudi, suspensi, dan pengereman tipe dasar pada kendaraan memungkinkan pemilik untuk memahami perawatan dan potensi diagnosis masalah dengan lebih baik. sistem ini.

Berlatih dasar-dasar perawatan otomatis yang benar.
Banyak pemilik mobil dapat menghindari kerusakan tak terduga dan biaya perbaikan yang mahal dengan mengikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan dan dengan secara teratur memeriksa “tanda-tanda vital” kendaraan. Melakukan tugas-tugas kecil ini membantu Anda mempelajari mobil juga. Setiap kali Anda mengisi bensin: Periksa level oli dan cairan pendingin serta tekanan ban. Seperti yang disarankan: ganti oli dan filter; menyeimbangkan dan memutar ban; layanan radiator / pendingin; rem servis. Periksa tapak ban setiap dua bulan.

Perhatikan performa kendaraan.
Suara, perasaan, penciuman, dan penglihatan dapat memberikan petunjuk penting untuk masalah yang muncul. Misalnya, memeriksa rengekan bernada tinggi yang mulai dibuat mesin, bunyi klik saat roda berputar, atau sedikit getaran antara 50 dan 65 mph, dapat membantu Anda mengatasi masalah sebelum roda bertambah besar.

Perbaiki masalah kecil sebelum menjadi masalah besar.
Membawa kendaraan saat tanda-tanda kecil masalah pertama dapat menghasilkan diagnosis yang lebih mudah, perbaikan lebih cepat, penghematan uang, dan pencegahan masalah yang lebih signifikan.

Jelaskan secara spesifik tentang gejala yang ditunjukkan oleh kendaraan yang sakit.
Siapa yang paling tahu tentang kendaraan? Supir. Jadi, saat kendaraan Anda tiba-tiba mengeluarkan suara yang tidak biasa atau berperilaku aneh, jelaskan apa yang Anda dengar, cium, rasakan, atau lihat seakurat mungkin. Tuliskan gejalanya untuk dibawa ke pusat layanan. Bahas gejala-gejala ini dengan hati-hati dengan manajer servis atau mekanik. Minta mereka untuk mengemudi bersama Anda jika itu akan membantu Anda menunjukkan masalah yang tidak jelas dengan lebih jelas.

Jangan menawarkan diagnosis atau tebakan Anda ke pusat servis otomotif.
Setelah Anda menggambarkan gejala kendaraan Anda, biarkan pusat layanan membuat diagnosis. Jika mobil Anda ragu-ragu selama tiga menit saat dinyalakan, jelaskan itu. Jangan berkata, “Itu pasti injektor bahan bakarnya.” Jika transmisi terpeleset, jangan katakan, “Sepertinya saya perlu transmisi baru.” Menyuarakan ide Anda tentang apa yang salah dapat menyesatkan toko yang bagus atau menggoda toko yang tidak terlalu cermat untuk menjual sesuatu yang tidak Anda butuhkan.

Mintalah diagnosis dan perkiraan secara tertulis sebelum Anda mengizinkan perbaikan.
Setelah Anda bekerja dengan mekanik atau toko untuk waktu yang lama dalam layanan yang memuaskan, diagnosis dan perkiraan lisan serta otorisasi melalui telepon mungkin baik-baik saja. Tetapi perkiraan tertulis melindungi pemilik dan mekanik.

Usahakan paham kerusakan dan bertanya
Jika diagnosis tidak masuk akal, ajukan pertanyaan dengan sopan. Minta penjelasan yang bisa Anda pahami. Toko yang bagus dengan senang hati menjelaskan apa yang salah dan memberikan opsi untuk memperbaikinya kepada pelanggan. Pelanggan yang diinformasikan biasanya adalah pelanggan yang senang. Toko yang bagus juga akan memberi tahu Anda jika tes diagnostik yang lebih ekstensif diperlukan untuk mengidentifikasi masalah dan apa pilihan dan biayanya.

Jika ada hal tentang toko yang membuat Anda tidak nyaman, jangan ragu untuk membawa kendaraan Anda ke toko lain.
Mungkin, diagnosisnya tampaknya kurang tepat, anggota staf tidak punya waktu untuk menjawab pertanyaan Anda, atau biayanya tampak berlebihan. Sekalipun Anda harus membayar biaya diagnostik ke bengkel pertama, dapatkan pendapat kedua atas perbaikan apa pun yang belum dijelaskan untuk kepuasan Anda.

Setelah perbaikan, Anda akan menerima catatan tertulis dari pekerjaan yang telah dilakukan.
Toko harus menjelaskan pekerjaan yang telah dilakukan, mengembalikan suku cadang lama jika Anda memintanya, dan memberikan rincian tagihan atau faktur untuk catatan Anda. Pusat yang baik akan memiliki kebijakan tertulis tentang jaminan, pengembalian dana, dan “pengembalian.” “Kembali” adalah cara mereka merespons ketika Anda segera kembali karena gejala / masalah yang Anda amati belum diperbaiki atau berulang dalam beberapa hari.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *